IRONI PELAYANAN KESEHATAN

IRONI PELAYANAN KESEHATAN
LOMBA MENULIS BLOG FPKR

Sabtu, 28 September 2013

Kisah perlombaan Umar terhadap Abu Bakar


Syahdan, Abu Bakar dan Umar ra adalah dua orang sahabat nabi yang paling mulia. Keduanya berlomba-lomba dalam urusan kebaikan. Namun Abu Bakar lebih unggul dari pada Umar ra. Yakni Umar datang pada awal waktu untuk salat, ternyata lebih dahulu abu Bakar. Ketika Umar berniat menjalankan salat pada suatu malam, Abu Bakar telah mendahuluinya. Suatu hari pada musim paceklik Rasulullah memerintahkan kaum muslimin agar menyedekahkan hartanya untuk mencukupi kebutuhan kaum muslimin lainnya. Umar berkata, "Hari ini aku akan mengalahkan Abu Bakar yang tak pernah bisa aku kalahkan sebelumnya." Lalu ia menyerahkan separuh hartanya kepada Rasulullah saw. Lalu Rasulullah bertanya, "Apa yang engkau sisakan untuk keluargamu, wahai Umar?'
Umar menjawab, "Ya Rasulullah saya telah menyisakan untuk mereka sejumlah harta seperti yang aku sumbangkan ini." lalu umar duduk di dekat Rasulullah seraya menanti Abu Bakar ra.
Tak lama kemudian Abu Bakar ra pun datang membawa harta dan menyerahkannya kepada Rasulullah saw. Rasul bertanya, Wahai Abu Bakar, apa yang engkau sisakan untuk keluargamu?"
Abu Bakar menjawab, "Ya Rasulullah aku menyisakan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka. adapun harta yang aku sumbangkan adalah semua harta yang ada padaku."
Luar biasa sekali. Umar ra tak sanggup berbuat apa-apa kecuali hanya berkata, "Sungguh, aku tidak akan pernah mengalahkan Abu Bakar."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar