IRONI PELAYANAN KESEHATAN

IRONI PELAYANAN KESEHATAN
LOMBA MENULIS BLOG FPKR

Minggu, 09 Oktober 2011

MENGAPA MEMILIH ISLAM???????


MENGAPA MEMILIH ISLAM??
Mengapa kita muslim? Apakah karena ortu kita? Apakah jika ortu kita non muslim kita juga non muslim? Agama yang manakah yang benar? Pertanyaan2 ini mungkin sering terlintas dalam pikiran kita. Sudah bisakah kita menjawabnya? Mungkin ini ada beberapa hal yang bisa kita gunakan untuk menjawab pertanyaan2 tsb. Setiap manusia mempunyai kecenderungan untuk mengkultuskan sesuatu. Dengan akalnya manusia diajak berfikir untuk menemukan siapa Tuhannya. Namun dengan akal saja manusia tidak akan sanggup menemukan kebenaran siapa Tuhannya. Sehingga manusia harus menggunakan dalil naqli.(dalil yang bersumber dari Tuhan). Mengenai agama, agama apakah yang benar? Maka bisa dilihat firman Allah yang artinya “sesungguhnya agama Diridhai Allah SWT hanyalah Islam. Jadi setelah turunnya agama Islam, maka agama lain tidak diridhai Alla SWT.
Lalu bagaiman dengan keislaman kita? Dari ortu or memang pilihan kita? Ketika manusia dilahirkan, manusia mengalami masa-masa kecil, akal belum mampu membedakan mana yang baik mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah. Sehingga bisa dikatakan ketika manusia masih kecil atau belum baligh maka agama yang dianutnya adalah agama orangtuanya. Akan tetapi ketika manusia sudah baligh maka dia menggunakan akalnya untuk berfikir siapa saya? Ketika dia tahu bahwa dia makhluk maka dia akan mencari siapa tuhannya. Dengan menggunakan akalnya melalui proses berfikir dan dalil naqli maka manusia akan menemukan Tuhannya dan agama mana yang benar.
Mengenai keimanan, kita dilarang karena mengikuti kakek nenek kita tanpa pengetahuan sedikitpun dan keimanan kita harus 100%, tidalk boleh tidak. Jangan sampai seperti orang dahulu yang mengikuti agama kakek nenek moyang mereka, sementara kakek nenek moyang mereka tidak memiliki pengetahuan sedikitpun mengenai Tuhan mereka. 
Sebagaimana yang difirmankan Allah Subhannahu wa Ta'ala: "Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah" mereka menjawab: "(Tidak), tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) ne­nek moyang kami". "(Apakah mereka akan mengikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apapun, dan tidak mendapat petunjuk?" (Al-Baqarah: 170)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar