IRONI PELAYANAN KESEHATAN

IRONI PELAYANAN KESEHATAN
LOMBA MENULIS BLOG FPKR

Senin, 07 Oktober 2013

HINDARI MENCAMPURI URUSAN ORANG LAIN

Rasulullah bersabda, "Wujud kesempurnaan Islam seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang bukan urusannya." Begitu indah perangai baginda Rasulullah. Setiap apa yang di kata, apa yang dilakukan adalah kebenaran. Sungguh Rasulullah adalah hamba Allah yang maksum.

Manusia seperti kita tentulah memiliki kesalahan dan pasti tiada luput dari salah. Terkadang kita membuat orang di sekitar kita kesal dengan perkataan dan perbuatan kita. Tanpa sadar kita mencampuri urusannya. Sedangkan urusan tersebut tidaklah penting untuk kita ketahui. Sementara di sisi lain kita tidak menyukai jika mereka mencampuri urusan kita.

Sebagai contoh, ada orang sms kita sedangkan di samping ada teman
Seorang teman bertanya, "siapa yang sms?"
Kita jawab, "Si Fulanah"
Lalu dia bertanya lagi, "Ada apa kok sms kamu?"
Kita jawab, "Ada hal penting"
Dia bertanya lagi, "Ada apa sih, kasih tahu dunk?"
Kita jawab, "Ada sedikit masalah"
"O...gitu ya, kira2 masalah ini dan itu kali ya?"
dst......

Nah di balik jawaban kita yang seakan kita tak ingin orang lain mengetahuinya, namun teman kita cenderung mengorek alias pingin tahu banget.Jika kita berada pada posisi teman kita, alangkah baiknya kita tak perlu bertanya hingga dalam alias sampai detail.
Di lain kesempatan, saat kita ingin menolong teman kita yang lagi kena masalah alangkah baiknya pembicaraan tidak di depan umum yang akan membuat teman kita malu. Ajaklah ia ke tempat yang cocok atau di saat santai dan tidak diketahui banyak orang. Bertanya seperlunya lalu sampaikan padanya jika kita siap membantunya. Mungkin itu lebih ahsan daripada menghakimi di depan umum.

#inspirasi hasil baca buku Favoritku "Istamti' Bihayatika"
Bojonegoro, 7 oktober 2013 tepatnya pukul 20.04

Anna Mujahidah Mumtazah
@AnnaMujahidahmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar