IRONI PELAYANAN KESEHATAN

IRONI PELAYANAN KESEHATAN
LOMBA MENULIS BLOG FPKR

Minggu, 01 Desember 2013

Stop AIDS dengan Islam


Minggu, 01 Desember 2013 11:00:59 Stop AIDS dengan Islam
Oleh: Liya Yuliana

blokBojongoro.com - AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) merupakan penyakit yang mengakibatkan penderita kehilangan kekebalan tubuh akibat terkena virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, Kamis (28/11/2013), penderita AIDS di Indonesia tahun 2013 sampai Juni mencapai 780 orang. Sebanyak 105 di antaranya meninggal dunia.

Mereka yang positif menderita HIV, menurut KPAN, jumlah terbesar adalah dari mereka yang melakukan hubungan seksual (heteroseksual) yang berisiko sebesar 45,6%, penggunaan jarum suntik tak steril pada pemakai obat-obatan jarum suntik sebesar (10,6%) dan hubungan seks lelaki dengan lelaki sebesar 10,3%.

Tepatnya tanggal 1 Desember 2013 diperingati sebagai hari AIDS, KPAN kembali menekankan melakukan pencegahan terhadap HIV, khususnya dari perilaku seksual dengan menghindari kegiatan seksual yang berisiko atau setidaknya menggunakan pengaman atau kondom setiap akan berhubungan seksual. Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) bersama DKT Indonesia dan Kementerian Kesehatan bakal menggelar Pekan Kondom Nasional (PKN) pada 1 Desember hingga 7 Desember.

Disebutkan, akan ada pembagian kondom secara gratis pada acara tersebut. PKN yang mengusung tema “Protect Youself, Protect Your Partner” yang sebenarnya merupakan wujud kepedulian terhadap HIV dan AIDS. Melalui PKN ini produsen kondom DKT sekaligus juga ingin merayakan sebuah prestasi atas pencapaian angka pemasaran sosial sebanyak 150 juta kondom.

Diharapkan dengan pemakaian kondom ini akan mampu mengurangi risiko terjangkitnya HIV/AIDS. Apabila kita telusuri proses penularan HIV/AIDS di antaranya adalah melalui transfusi darah atau produk darah yang sudah tercemar HIV, melalui hubungan seks, ibu hamil, melalui air susu seorang ibu kepada bayi. Pembagian kondom ini bermaksud untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS melalui hubungan seks.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan ukuran pori-pori kondom adalah 1/60 mikron, saat dipakai ukuran pori-pori membesar mencapai 1/6 mikron. Sedangkan ukuran virus HIV hanya 1/250 mikron. Dilihat dari segi ukuran tentunya virus HIV sangat mudah bebas keluar masuk melalui pori-pori kondom. Jika bebas masuk, mungkinkah kondom mampu mencegah tertularnya HIV/AIDS? Lalu bagaimana cara tepat untuk mencegah HIV/AIDS? Islam adalah agama yang benar, rahmat bagi seluruh alam.

Dalam Islam hanya membenarkan hubungan seks dengan suami/isteri yang sah. Inilah perilaku seks yang aman. Perilaku seks yang aman adalah menjauhi seks bebas. Safe sex is no free sex. Seandainya masyarakat hidup dalam tatanan sosial yang benar, pria dan wanita tidak bercampur dan tidak bergaul bebas, saling menghormati, free-sex dianggap sebagai penyakit sosial, maka penyakit menular seksual juga tidak akan mewabah.
Namun bila tatanan sosial sudah rusak, dimana pria dan wanita dibiarkan bergaul bebas tanpa batas, perzinahan dianggap perkara lumrah, maka berbagai bencana penyakit akan melanda. Nabi saw. bersabda:

«…لَمْ تَظْهَرِ الْفَاحِشَةُ فِى قَوْمٍ قَطُّ حَتَّى يُعْلِنُوا بِهَا إِلاَّ فَشَا فِيهِمُ الطَّاعُونُ وَالأَوْجَاعُ الَّتِى لَمْ تَكُنْ مَضَتْ فِى أَسْلاَفِهِمُ…» “…

"Tidaklah tampak perzinaan pada suatu kaum sehingga mereka berani terang-terangan melakukannya, melainkan akan menyebar di tengah mereka penyakit tha’un dan penyakit-penyakit yang belum pernah menimpa umat-umat yang telah lalu…”
(HR. Ibnu Majah, al-Hakim, al-Baihaqi).

Karena itu, seharusnya yang dilakukan adalah tindakan pencegahan (preventif) atas perilaku seks bebas dan tindakan kuratif untuk memberantas yang sudah ada. Karena seks bebas itulah akar masalah dari penyebaran berbagai penyakit kelamin. Semua itu hanya bisa dilakukan secara sistematis melalui penerapan syariah Islam secara menyeluruh.

Mengenai penggunaan kondom jika diteliti lebih jauh justru akan melegalkan perzinaan, dengan mudahnya mendapatkan kondom justru akan memperparah penularan HIV/AIDS sehingga berdampak pada kemerosotan moral bangsa dan generasi yang lemah. Wallahu A’lam.

Dimuat di BB alamat http://blokbojonegoro.com/read/article/20131201/stop-aids-dengan-islam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar